October 18, 2019
5 Tanda Anak Mengalami Alergi Makanan

5 Tanda Anak Mengalami Alergi Makanan

Anak-anak rentan terhadap alergi makanan, terutama pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. alergi makanan itu sendiri adalah suatu kondisi ketika tubuh tidak dapat mentolerir makanan yang dimakan. Berikut di bawah ini adalah tanda anak yang terkena alergi makanan:

1. Pusing dan sakit kepala

Ketika seorang anak memiliki alergi makanan, tubuh secara otomatis merespon kondisi ini dalam berbagai cara. Salah satunya adalah peradangan dalam tubuh yang menyebabkan pusing dan kemudian berubah menjadi sakit kepala. Jika buah hati mengeluh pusing atau sakit kepala, maka jangan mengabaikan keluhan ini, karena bisa jadi anak Anda memiliki alergi makanan.

5 Tanda Anak Mengalami Alergi Makanan
5 Tanda Anak Mengalami Alergi Makanan

2. Penyumbatan saluran pernapasan

Untuk beberapa ada alergi makanan sederhana dirasakan setelah beberapa menit atau beberapa jam anak-anak mengkonsumsi makanan. Seorang anak yang memiliki alergi makanan biasanya akan menunjukkan reaksi tertentu. Salah satunya adalah seperti penyumbatan saluran pernafasan. Kondisi ini dapat ditandai dengan pilek, bersin, dan batuk.

Bahkan, dalam beberapa kasus anak memiliki serangan asma mendadak. Ya, asma tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, tetapi juga dapat disebabkan oleh kepekaan terhadap sulfit. Ibu perlu tahu sulfit yang dapat ditemukan dalam makanan olahan seperti keripik dan makanan yang dipanggang.

Yang pasti, Anda harus mencatat anak setelah makan makanan olahan tertentu, apakah ia tidak menunjukkan reaksi atau baik-baik saja. Jika itu adalah sedikit pengalaman sesak langsung napas, maka segera bawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

3. Mual disertai muntah

Mungkin ini adalah tanda yang paling jelas terlihat ketika seorang anak memiliki alergi makanan. ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir makanan akan menyebabkan anak mengalami mual disertai muntah.

Jika anak Anda menunjukkan reaksi-reaksi ini, itu tidak boleh berpikir bahwa ia menderita pilek hanya biasa. Karena, bisa terjadi sebagai akibat dari respon tubuh sensitif terhadap makanan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan reaksi dari ibu kecil setelah ia selesai makan makanan tertentu.

4. Perut nyeri, mulas, dan diare

Tanda-tanda anak Anda telah alergi makanan juga dapat ditunjukkan melalui masalah pencernaan yang dialami oleh dia. Masalah pencernaan yang terjadi dapat termasuk sakit perut, mulas, dan diare. Kondisi ini muncul karena sensitivitas makanan yang dialami oleh tubuh.

Biasanya, sensitivitas sangat umum untuk anak-anak berasal dari protein susu. Jika buah hati Anda telah tidak menunjukkan reaksi terhadap susu, maka solusi untuk mengatasi masalah ini adalah untuk mencegah anak dari susu dan produk susu lainnya.

5. Perubahan perilaku

Umumnya, anak-anak yang alergi terhadap beberapa makanan seperti gluten, susu, dan pewarna makanan. Dan, ketika seorang anak memiliki alergi makanan, mereka sering menunjukkan perubahan perilaku negatif. Jika ibu mulai menyadari anak berperilaku aneh, baik agresif atau rentan terhadap marah setelah makan makanan tertentu, maka segera konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.

Leave a Reply