October 18, 2019
15 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Telur puyuh adalah telur yang diproduksi oleh puyuh (Coturnix coturnix). Teksturnya hampir sama dengan telur ayam biasa, hanya ukurannya jauh lebih kecil dari telur ayam atau bebek. Telur puyuh memiliki cangkang putih pucat atau kulit dengan motif cokelat. Telur ini biasanya ditemukan di berbagai hidangan, seperti sup sayur dan bubur ayam.

15 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat telur puyuh untuk kesehatan. Ini tidak lepas dari kandungan sejumlah vitamin dan zat bergizi lainnya dalam telur, termasuk protein, vitamin A, vitamin B, hingga asam amino. Berikut ini manfaat telur puyuh yang perlu Anda ketahui.

15 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh
15 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Telur puyuh mengandung seng. Seng adalah mineral yang memiliki peran penting dalam merawat kesehatan gigi, dan mengatasi masalah bau mulut.

Tidak hanya itu, seng dalam telur puyuh juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel, dan meningkatkan kesuburan.

2. Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Satu porsi telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Telur puyuh merupakan 8-10 persen dari total asupan harian vitamin A, dan 22-28 persen dari asupan kiln harian.

Kedua zat ini efektif mencegah infeksi, termasuk risiko penyakit jantung. Bagi Anda yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah mengonsumsi telur puyuh secara teratur mulai sekarang.

3. Penambah stamina

Sama seperti telur ayam, telur puyuh juga kaya protein. Lima telur puyuh mengandung sekitar 6 gram protein, atau setara dengan kandungan protein dalam 1 telur ayam. Kehadiran protein dalam telur puyuh membuat telur ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina, juga meningkatkan massa otot.

4. Cegah Anemia

Anemia adalah penyakit defisiensi darah yang disebabkan oleh kurangnya hemoglobin. Padahal, hemoglobin adalah zat dalam sel darah yang bertugas mendistribusikan darah dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi adalah zat yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi yang cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil. Telur puyuh adalah salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk mencegah anemia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur puyuh bagi mata karena telur yang satu ini kaya akan vitamin A dan vitamin B2 (riboflavin). Konsumsi telur puyuh secara teratur tentu akan membuat fungsi mata selalu optimal dan menghindari mata mengalami sejumlah kelainan seperti kornea dan katarak yang rusak.

6. Mencegah Kanker

Risiko kanker dapat dikurangi dengan mengonsumsi salah satu telur puyuh secara teratur. Kemanjuran telur puyuh disebabkan oleh kandungan selenium, yang merupakan antioksidan yang bertugas menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

7. Mengurangi Tekanan Darah

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi), telur puyuh dapat dijadikan alternatif menu sehat untuk mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Manfaat telur puyuh untuk menurunkan tekanan darah didasarkan pada kandungan kalium dalam telur mini ini.

Kalium adalah mineral yang bertindak sebagai vasodilator untuk memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah berjalan lancar dan tekanan darah tetap stabil. Kalium juga berfungsi untuk mengobati fungsi sistem kardiovaskular.

8. Detoksifikasi

Sel-sel tubuh yang rusak disebabkan oleh paparan radikal bebas, bahkan racun dari sisa makanan. Telur puyuh mengandung antioksidan dan asam amino. Kedua zat ini menghasilkan manfaat telur puyuh untuk detoksifikasi.

Antioksidan bertanggung jawab untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, sementara asam amino berperan dalam mengikat racun dan membuang racun.

9. Mengatasi Alergi

Jika telur ayam berpotensi menyebabkan alergi, maka yang terjadi pada telur puyuh adalah sebaliknya. Ya, alih-alih menyebabkan alergi, makan telur puyuh justru bisa mencegah atau mengatasi alergi. Manfaat telur puyuh untuk mengatasi alergi karena kandungan ovomucoid, yang merupakan senyawa yang berfungsi mengatasi gejala alergi yang muncul.

10. Penuaan Lambat

Menurut sejumlah penelitian, khasiat telur puyuh juga bisa digunakan untuk memperlambat proses penuaan. Ini berarti bahwa makan telur puyuh secara teratur dapat membuat Anda awet muda. Kandungan anti-penuaan yang disebut lutein adalah faktor kunci dalam manfaat telur puyuh yang satu ini.

11. Meningkatkan Kinerja Otak

Ingin kinerja otak Anda, terutama mengenai memori, menjadi optimal? Sering mengkonsumsi telur puyuh. Kandungan kolin dalam telur puyuh dikatakan efektif untuk mempertajam daya ingat, dan mengobati sel-sel otak.

12. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi di mana tinja sulit untuk dihilangkan. Sembelit disebabkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Selain buah-buahan, telur puyuh juga merupakan sumber serat yang harus Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

13. Meningkatkan kesuburan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat telur puyuh juga dapat meningkatkan kesuburan. Ini karena telur puyuh mengandung zat yang penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, seperti protein, seng, dan fosfor. Anda yang sekarang merencanakan kehamilan dengan pasangan Anda, cobalah untuk mulai mengkonsumsi telur puyuh secara teratur.

14. Meminimalkan Risiko Keguguran

Selain meningkatkan kinerja otak, kolin dalam telur puyuh juga efektif dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga risiko keguguran akan sangat kecil. Untuk wanita hamil, ada baiknya memasukkan telur puyuh ke menu sehat Anda juga!

15. Mengobati TB dan Asma

Manfaat terakhir dari telur puyuh adalah mengobati TBC dan asma. Selama berabad-abad, masyarakat Cina telah meyakini telur puyuh sebagai obat tradisional yang efektif dalam menangani TB dan asma.

Meski tidak ada bukti medis yang kuat, tetapi tidak ada salahnya bagi Anda yang saat ini menderita kedua penyakit ini untuk mengonsumsi telur puyuh sebagai pengobatan alternatif. Tentu saja, itu harus disertai dengan perawatan medis dari dokter.

Leave a Reply