September 22, 2019
5 Manfaat Tanaman Beluntas Baik untuk Kesehatan

5 Manfaat Tanaman Beluntas Baik untuk Kesehatan

Tanaman Beluntas adalah tanaman liar yang memiliki banyak cabang dan memiliki bulu lembut. Selain itu tanaman ini biasanya digunakan untuk digunakan sebagai pagar depan rumah. Namun dibalik itu semua tanaman ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut ini adalah ulasannya:

1. Apakah antibakteri

Tidak banyak yang tahu, tanaman liar ini mampu menjadi antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak beluntas mampu mengatasi berbagai bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, dan bakteri Bacillus cereus.

5 Manfaat Tanaman Beluntas Baik untuk Kesehatan
5 Manfaat Tanaman Beluntas Baik untuk Kesehatan

2. Mampu menghilangkan bau badan

Manfaat tersembunyi lain dari tanaman liar ini adalah mereka dapat mengatasi bau badan dan bau mulut. Caranya adalah dengan menggunakan daun beluntas sebagai sayuran atau hanya dimasak dengan mengukus untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang tidak sedap.

3. Mengatasi masalah keputihan

Beluntas juga memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan. Bagi wanita, masalah keputihan tentu saja merupakan masalah serius. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya hanya dengan mengambil 20 lembar daun ini direbus dengan segelas air dan akar tapak liman. Kemudian minumlah ramuan ini dua kali sehari.

4. Mengatasi nyeri haid

Tidak hanya mengatasi keputihan, tanaman beluntas juga dikenal mampu mengatasi nyeri haid. Menstruasi pada wanita terkadang membuat rasa sakit yang sangat menyiksa. Anda bisa mengatasinya menggunakan daun beluntas, cara mengambil 20 daun beluntas lalu rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam.

5. Dapat digunakan sebagai terapi karies gigi

Karies gigi adalah suatu kondisi di mana struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun beluntas mampu melawan penyebab karies gigi, yaitu bakteri Streptococcus mutans. Ini membuat daun tanaman liar ini bisa digunakan sebagai agen terapi untuk karies gigi.

Leave a Reply