9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan dan sayuran termasuk dalam makanan yang sangat sehat bagi tubuh sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Salah satu buah yang cukup populer di kalangan banyak orang adalah pir karena memberikan sensasi segar saat dikonsumsi. Tahukah Anda, di balik kesegaran buah pir ini, ada berbagai manfaat buah pir untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita rutin mengkonsumsinya.

9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

1. Konten antioksidan versus radikal bebas

Pakar kesehatan mengatakan jika pir matang sangat kaya akan antioksidan.

Jika kita mengkonsumsinya secara teratur, khasiat buah pir pada tubuh akan lebih baik dalam memerangi berbagai radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Innsbruck, Austria, mengatakan bahwa jika kandungan klorofil pada pir matang dapat berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik untuk tubuh kita.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah pir sangat kaya akan vitamin C dan vitamin K.

Kandungan vitamin C yang tinggi tentu akan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh kita dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Makan satu buah pir dapat memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian yang akan mengurangi risiko kanker hingga 45 persen lebih rendah.

4. Meningkatkan pencernaan

Buah pir ternyata kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tidak larut, dalam satu buah pir dapat mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen dari kebutuhan serat harian tubuh kita.

Selain memperlancar saluran pencernaan, kehadiran serat ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan membuat kita mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyebabkan berbagai penyakit.

5. Otak yang sehat

Makan satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita setiap hari mendapat asupan tembaga (mineral minor) 15 persen. Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas di Missouri, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kandungan tembaga dapat meningkatkan kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak jauh lebih baik.

6. Menurunkan berat badan

Apakah kamu sedang diet? ternyata khasiat buah pir juga bisa digunakan untuk program penurunan berat badan. Buah-buahan seperti pir dan sayuran yang kaya serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat dalam peningkatan berat badan bagi individu yang mengalami obesitas.

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol. Sebuah tinjauan terhadap 67 percobaan terkontrol yang terpisah menemukan bahwa bahkan peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam pir dapat mengurangi LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total.

Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat memainkan peran dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan manfaat buah pir berpotensi mengurangi risiko kondisi peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8. Diabetes

Diet tinggi serat dengan mengonsumsi pir dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah dan kadar gula darah yang lebih stabil pada penderita diabetes.

9. Detoksifikasi

Pergerakan usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk ekskresi racun harian melalui empedu dan feses. Pir mengandung sekitar 84 persen air, sehingga manfaat pir dapat membantu menjaga kotoran lembut dan menyirami sistem pencernaan dari racun.

Nah, itulah khasiat buah pir yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ayolah, tidak ada salahnya mulai rajin mengonsumsi buah, menjalani hidup sehat.

Leave a Reply