October 18, 2019
10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Buah Blackberry memiliki rasa asam dan manis dan dikonsumsi langsung atau setelah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Meskipun rasanya sedikit lebih pahit daripada blueberry, tetapi prestise buah ini juga tidak kalah, lho. Juga, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak manfaat buah blackberry untuk kesehatan? Lihatlah ulasan berikut!

Konten Buah Blackberry

Blackberry (Rubus fruticosus) adalah spesies tanaman dari genus Rubus dan suku Rosaceae. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet rendah karbohidrat. Satu cangkir blackberry kurang lebih mengandung 62 kalori, 1 gram lemak, dan hanya 14 gram karbohidrat.

Blackberry juga memiliki tingkat GI (indeks glikemik) yang cukup rendah dan dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam blackberry termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, mangan, kalsium, dan zat besi.

10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blackberry

Buah Blackberry memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Ini menjadikan buah Blackberry buah yang ideal dan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Berikut adalah berbagai manfaat buah blackberry bagi tubuh!

1. Meningkatkan pencernaan

Konsumsi blackberry setiap hari dapat membantu memperlancar pencernaan.

Satu cangkir blackberry dapat memenuhi kebutuhan serat Anda hingga 31%, jumlah ini tentu tidak sedikit. Seperti kita ketahui bahwa serat adalah nutrisi yang dibutuhkan agar saluran pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Mengkonsumsi blackberry dapat mencegah Anda dari masalah seperti sembelit.

2. Baik untuk penderita diabetes

Buah Blackberry adalah buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan karbohidrat dalam blackberry cukup rendah. Selain itu, blackberry memiliki tingkat GI 25, yang merupakan angka aman bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

3. Kontrol kadar kolesterol

Manfaat selanjutnya dari buah blackberry adalah mengendalikan kadar kolesterol.

Selain tidak memiliki kandungan kolesterol, blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan lemak ke dalam darah. Manfaat Blackberry One masih terkait dengan tingginya kandungan serat di dalamnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi buah-buahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi yang pasti tidak semua jenis buah dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan.

Buah Blackberry dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Selain lezat dan kaya nutrisi, blackberry juga rendah kalori dan kaya serat, jadi ada baiknya menjadi buah pilihan saat Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat lain Blackberry adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah osteoporosis.

Kandungan vitamin K berperan penting dalam metabolisme tulang dan mencegah keropos tulang. Buah Blackberry juga memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mineral ini memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, yang merupakan protein penting yang membentuk tulang, kulit, dan otot serta persendian.

6. Normalisasi gumpalan darah

Selain bermanfaat untuk metabolisme tulang, vitamin K juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembekuan darah.

Kurangnya asupan vitamin K dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mudah memar, pendarahan hebat saat menstruasi, hingga keberadaan darah di tinja dan urin. Manfaat blackberry adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin K. Sebagian blackberry mengandung 29 mcg vitamin K yang dapat memenuhi hampir sepertiga dari kebutuhan vitamin K harian.

7. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat buah blackberry lain yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi terhadap beberapa jenis bakteri yang dapat memicu penyakit mulut. Ekstrak Blackberry dipercaya membantu mengendalikan penyakit gusi dan gigi berlubang.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dalam blackberry membuat buah yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah blackberry bisa bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil

Buah Blackberry juga merupakan salah satu buah yang aman dan cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat buah blackberry bagi ibu hamil adalah memenuhi sebagian vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat karena mereka membutuhkan nutrisi untuk perkembangan janin. Selain mengonsumsi suplemen, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan agar dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat terakhir dari buah blackberry adalah menjaga kesehatan kulit.

Salah satu manfaat blackberry untuk wajah adalah dapat membantu mencegah keriput. Antioksidan dalam blackberry dapat membantu melawan radikal bebas yang memang merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini.

Sebelumnya juga disebutkan bahwa blackberry mengandung nutrisi yang memiliki peran dalam pembentukan kolagen. Kehadiran kolagen sangat penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Cara mendapatkan manfaat buah blackberry sangat mudah. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga diolah menjadi jus, smoothie, salad, atau kue. Pilihan blackberry segar akan lebih baik daripada buah kaleng karena buah kaleng umumnya mengandung tambahan gula.

Bahwa dia melihat sekilas informasi tentang manfaat buah blackberry untuk kesehatan. Ayo, konsumsi buah blackberry dan rasakan manfaatnya bagi tubuh, konsumsilah sesuai porsi dan jangan berlebihan, huh. Saya harap informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply