October 18, 2019
Bahaya Sikat Gigi

Bahaya Sikat Gigi

Hai para ibu, satu hal yang sering diremehkan, yaitu kebersihan sikat gigi. Ternyata sikat gigi bisa menjadi sarang bakteri dan virus, jika tidak dibersihkan dan disimpan dengan baik dan benar. Ada beberapa bakteri yang bisa hidup dan bersarang di sikat gigi, salah satunya adalah Streptococcus mutans. Ini adalah jenis bakteri yang dapat merusak lapisan gigi dan menyebabkan karies pada gigi.

Jadi ternyata sikat gigi yang berfungsi membersihkan gigi dan mulut kita juga bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut kita. Bahkan dapat membawa bakteri baru ke dalam rongga mulut kita. Selama bakteri bisa berasal dari air, lingkungan (udara), juga dari rongga mulut kita, ibu. Ini karena sikat gigi tidak dibersihkan dengan benar dan benar.

Bahaya Sikat Gigi

Kita perlu memperhatikan beberapa hal, ibu, agar kesehatan gigi dan mulut kita terjaga, terutama untuk kesehatan anak-anak kita.

Kiat untuk menjaga kebersihan sikat gigi

1. Bilas air hangat

Setelah menyikat gigi, Anda harus membilasnya dengan air hangat untuk mengalir sampai kotoran dan sisa pasta gigi tidak ada atau masih melekat pada sikat gigi.

2. Keringkan sikat gigi

Sikat gigi yang telah dibilas bersih harus dikeringkan, ibu. Kemudian letakkan sikat gigi dalam posisi tegak dan tidak lengket dengan sikat gigi lainnya. Kami menyarankan Anda tidak memakai topi sikat karena itu membuat sikat gigi lembab dan tentu saja bakteri menyukai lingkungan yang lembab dan akan berkembang biak dengan sangat cepat. Jika Anda ingin menyimpan sikat gigi dalam wadah tertutup, pastikan sikat gigi dan wadah Anda kering, ibu.

3. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan

Sikat gigi yang terlalu lama digunakan tidak bisa membersihkan gigi dengan optimal lagi ibu, salah satunya adalah karena bulu sikat yang sudah berubah.

4. Jangan berbagi sikat gigi

Bagi saya, sikat gigi adalah barang pribadi, ibu. Kami tidak dapat berbagi sikat gigi dengan orang lain. Mungkin orang itu sakit, dan ketika kita berbagi sikat gigi, kita akan terkena rasa sakit yang sama seperti orang itu.

5. Jaga sikat gigi

Satu hal yang sering diremehkan tetapi sangat penting, yaitu menyimpan sikat gigi. Menyimpan sikat gigi tidak harus di kamar mandi, ibu. Terutama dekat dengan toilet. Kamar mandi itu sendiri adalah tempat yang lembab. Simpan sikat gigi di tempat yang kering.

Ayo bunda, kita lebih memperhatikan kebersihan sikat gigi kita sehingga kesehatan gigi dan mulut lebih terjaga dan maksimal!

Leave a Reply