October 18, 2019
Menyegarkan Napas untuk Mencegah Keriput, 7 Manfaat Konsumsi Daun Peterseli

Menyegarkan Napas untuk Mencegah Keriput, 7 Manfaat Konsumsi Daun Peterseli

Daun peterseli atau daun peterseli adalah salah satu daun aromatik yang sering kita jumpai di berbagai hidangan barat. Secara umum, daun peterseli digunakan sebagai hiasan makanan, tetapi tidak jarang untuk mencampurkannya ke dalam hidangan untuk memperkuat aroma masakan.

Tidak hanya mempercantik masakan atau menjadikannya lebih lezat, ternyata peterseli juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat mendukung kesehatan kita, merangkum tujuh manfaat daun mungil yang wangi ini.

Menyegarkan Napas untuk Mencegah Keriput, 7 Manfaat Konsumsi Daun Peterseli

1. Mengurangi risiko kanker payudara

Jus daun peterseli ternyata mempercepat penyembuhan kanker payudara. Di dalam daun peterseli, ada senyawa yang disebut epigenin yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ditambah dengan kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas, konsumsi peterseli secara teratur dapat membuat tubuh pulih lebih cepat.

2. Mengurangi karsinogen penyebab kanker

Saat memanggang daging, Anda harus memercikkan sedikit peterseli untuk menghilangkan karsinogen dalam daging. Di dalam peterseli mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk menetralisir efek samping dari karsinogen penyebab kanker.

3. Mencegah keriput

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun peterseli juga bisa digunakan untuk menunjang kecantikan, lho. Peterseli mengandung vitamin C tinggi yang menghasilkan kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan lembab. Selain itu, dengan mengonsumsi jus peterseli yang tinggi antioksidan, keriput dan noda hitam akibat radikal bebas akan memudar.

4. Memperkuat tulang

Tidak hanya kalsium, kandungan vitamin K dalam daun peterseli sebenarnya dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, vitamin K juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga tubuh terasa lebih segar dan rileks.

5. Segarkan napas

Punya masalah bau mulut? Mengunyah daun peterseli segar bisa menjadi solusinya. Selain memiliki aroma yang kuat, kandungan antibakteri daun peterseli juga dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut dan mengurangi belerang yang mengendap di mulut.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Daun peterseli mengandung beberapa nutrisi seperti antioksidan, folat, dan vitamin B yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Folat akan mengontrol kadar asam amino homocysteine ​​dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

7. Lindungi kesehatan mata

Untuk meningkatkan kesehatan mata, salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi jus peterseli secara teratur. Kandungan vitamin A dalam daun mungil ini dapat menjaga mata dari rasa lelah, melembabkan mata, dan mengurangi risiko katarak.

Leave a Reply