September 22, 2019
7 Manfaat Kesehatan dari Pare Pare

7 Manfaat Kesehatan dari Pare Pare

Pare adalah salah satu sayuran yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tidak seperti sayuran lain yang tampak hambar, pare memiliki rasa pahit yang kuat.

Namun di balik rasa pahit pare, sayuran bertekstur renyah ini mengandung segudang manfaat kesehatan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat besi, magnesium, dan vitamin C yang ada di pare berfungsi untuk mendorong radikal bebas.

Selain itu, dilaporkan oleh NDTV Food, pare juga mengandung kalsium dua kali lebih besar dari bayam. Ingin tahu apa saja manfaat di balik pare? Inilah ulasannya:

7 Manfaat Kesehatan dari Pare Pare

1. Kontrol gula darah

Bitter melon mengandung senyawa seperti insulin yang disebut polypeptide-p atau insulin-p yang berfungsi untuk mengontrol gula darah pada pasien diabetes. Dilaporkan oleh NDTV Food, konsumsi 2.000 mg jus pahit dapat secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2.

2. Hindari kolesterol jahat

Bitter melon dapat digunakan sebagai antiinflamasi dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Pare mengandung zat besi dan kalium yang berfungsi untuk menyerap kelebihan sodium dalam tubuh. Ini akan memiliki dampak yang baik pada mengurangi risiko stroke dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membuat kulit dan rambut lebih berkilau

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit dan rambut di salon-salon terkenal, ternyata mengkonsumsi pare secara teratur dapat membuat kulit dan rambut terlihat lebih berkilau. Vitamin A, C, Biotin, dan seng dalam pare dapat membantu melembabkan kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Selain itu, pare yang digunakan sebagai masker rambut dapat membantu mengurangi ketombe yang mengganggu.

4. Bersihkan hati

Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Vitamin dan Nutrisi, kandungan momordica charantia dalam pare dapat melindungi hati dari racun berbahaya. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga dapat meningkatkan fungsi kesehatan kandung kemih.

5. Menurunkan berat badan

Pare sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet alternatif karena kandungan kalori, lemak, dan karbohidratnya rendah. Selain itu, konsumsi pare secara teratur juga dapat memperlambat pengendapan lemak dalam tubuh yang dapat meningkatkan berat badan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti dijelaskan di atas, pare mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan racun dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pharmaceutical Research Journal pada tahun 2010, jus pahit segar dapat digunakan sebagai obat anti kanker dan anti tumor yang kuat.

7. Mata sehat

Dalam buah pare mengandung nutrisi bermanfaat seperti beta-karoten dan vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Selain itu, konsumsi pare segar secara teratur dapat menghilangkan kantung mata yang timbul karena kurang istirahat.

Leave a Reply