September 22, 2019
5 Manfaat Mengkonsumsi Labu Siam untuk Kesehatan

5 Manfaat Mengkonsumsi Labu Siam untuk Kesehatan

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai sayuran, sayuran yang memiliki nama lain Sechium edule juga sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat; seperti sayur lodeh, lontong sayur, hingga sayuran.

Ternyata di balik rasanya yang segar dan manis, labu juga mengandung banyak nutrisi dan senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan. Lalu, manfaat kesehatan apa yang ditawarkan oleh sayuran Meksiko Tengah? Koil berikut merangkum untuk Anda.5 Manfaat Mengkonsumsi Labu Siam untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Obat-Obatan Nasional AS Institut Kesehatan Nasional, mengkonsumsi squash dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk.

Masih dalam penelitian yang sama, para peneliti melihat bahwa Myricetin atau sejenis senyawa antioksidan pada labu terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol.

2. Memiliki efek antikanker
Chayote mengandung antioksidan flavonoid yang dapat mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Jika tidak diperhatikan, radikal bebas ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, senyawa labu ternyata memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker; seperti kanker serviks dan leukemia.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan
Selain mampu mengikat radikal bebas, kandungan flavonoid dalam labu juga baik untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Menurut para ahli, flavonoid ini dapat membantu enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan.

Terlebih lagi, asupan serat dalam labu juga bagus dalam menjaga fungsi usus yang sehat.

4. Menurunkan berat badan
Chayote mengandung banyak serat yang bisa menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam labu berfungsi memperlambat laju pengosongan lambung.

Karena itu, setelah mengonsumsi labu Anda akan merasa kenyang lebih lama dan akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.

5. Mengatasi anemia
Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah seseorang lebih rendah dari normal. Tidak hanya itu, anemia juga dapat terjadi jika sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin (protein kaya zat besi yang memberi darah merah).

Salah satu sayuran yang bisa mengatasi penyakit ini adalah labu siam. Ini karena, labu mengandung vitamin besi yang dapat membantu hemoglobin mengikat oksigen.

Leave a Reply