5 Manfaat Kulit Buah dan Sayur untuk Kesehatan

Saat makan buah atau sayuran, kebanyakan orang pasti akan membuang kulitnya. Selain dianggap tidak lagi memiliki manfaat bagi tubuh, sebagian besar kulit buah atau sayuran juga memiliki rasa yang hambar dan bahkan cenderung pahit, sehingga kurang enak saat dimakan.

Padahal, beberapa jenis buah dan sayuran memiliki kulit yang bisa dimakan, lho. Bahkan kulit buah atau sayuran memiliki nilai gizi lebih dari daging buah.

Penasaran dengan jenis sayuran dan buah apa yang memiliki kulit bernilai gizi tinggi? Mari kita simak ulasannya di bawah ini:

5 Manfaat Kulit Buah dan Sayur untuk Kesehatan

1. Kulit pisang

Kulit pisang mengandung antioksidan seperti lutein, karotenoid, dan polifenol yang berguna untuk meningkatkan kesehatan mata, jantung, dan mengusir radikal penyebab kanker. Selain itu, kulit pisang juga dapat digunakan sebagai penghilang stres karena kandungan tryptophan di dalamnya dapat meningkatkan hormon penghilang stres serotonin.

Jika Anda ingin memakannya, Anda bisa mengolah kulit pisang menjadi smoothie dengan tambahan madu atau susu. Selain meningkatkan rasanya, madu dan susu akan menghilangkan rasa pahit kulit pisang.

2. Kulit jeruk

Kulit jeruk parut sering digabungkan menjadi berbagai hidangan seperti makanan penutup, kue, dan minuman segar untuk menciptakan aroma aromatik yang menggoda. Selain sebagai penambah aroma, kulit jeruk mengandung vitamin C lebih tinggi dari buahnya.

Dikombinasikan dengan bahan-bahan baik lainnya seperti riboflavin, vitamin B6, magnesium, dan kalium, kulit jeruk kuning dapat digunakan sebagai ramuan anti kanker dan anti-inflamasi.

3. Kulit kentang

Seringkali kita membuang kulit kentang sebelum mengolahnya karena dianggap tidak lagi memiliki nilai gizi. Padahal, di kulit kentang ada berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, vitamin B6, dan beta-karoten yang bisa digunakan untuk memperlancar pencernaan.

Tidak hanya itu, kulit kentang juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit karena adanya enzim katekolase yang dapat menyamarkan kerutan dan flek hitam pada wajah.

4. Kulit semangka

Tidak hanya buahnya yang enak dan menyegarkan, ternyata kulit semangka memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Di dalam kulit semangka terdapat nutrisi seperti vitamin C dan B6 yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjaga kekebalan tubuh.

Dilansir oleh Reader’s Digest, penelitian dari A&M University di Texas menunjukkan bahwa kulit semangka mengandung senyawa citruline yang dapat meningkatkan hasrat seksual. Saat memasuki tubuh, senyawa citruline akan diubah menjadi asam amino yang akan meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah di daerah sensitif.

5. Kulit wortel

Kaya akan vitamin A dan kandungan beta-karoten, konsumsi kulit wortel secara teratur ternyata memperbaiki mata, mulut, dan menangkal stres. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan seperti karoten, terpene, dan polifenol dalam kulit wortel dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

Leave a Reply